Kamis, 25 Mei 2017

5 Perusahaan yang Menerapkan Manajemen Mutu ISO 9000 dan ISO 14000



ISO (International Organization for Standardization ) merupakan sebuah jaringan kerja yang diikuti oleh 156 negara yang mempunyai basis pada setiap negara tersebut dengan secretariat pusat di Geneva, Swiss. Di mana kebanyakan produk atau jasa di dalam bisnis bisnis tertentu yang mengharuskan adanya standart internasional, maka  ISO ini di buat. Di dalam ISO ini banyak sekali yang terlibat diantaranya produsen, pemerintah maupun konsumen, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.
Konsep ISO 9000 adalah meningkatkan kualitas dengan memberikan panduan pada institusi atau organisai dengan kriteria yang dapat mereka pergunakan untuk menetapkan dan mengukur sistem kualitas. ISO 9000: 2004 mewajibkan perusahaan untuk menentukan kebutuhan pelanggan, termasuk pengaturan dan persyaratan hukum. Perusahaan juga harus membuat susunan komunikasi untuk menangani isu-isu seperti keluhan. Standar lain melibatkan kontrol proses, pengujian produk, penyimpanan, dan pengiriman. Meningkatkan kualitas adalah investasi yang dapat terbayar dalam hubungan pelanggan yang lebih baik dan penjualan yang lebih tinggi.
ISO 14000 adalah sistem manajemen lingkungan (Environmental Management System-EMS). Persyaratan untuk sertifikasi meliputi kepemilikan kebijaksanaan lingkungan, kepemilikan sasaran pengembangan tertentu, pengadaan audit program lingkungan, dan pemeliharaan tinjauan proses manajemen puncak. Sertifikasi dalam ISO 9000 dan ISO14000 menunjukkan bahwa sebuah perusahaan memiliki sistem manajemen kelas dunia, baik dalam standar kualitas maupun standar manajemen. sekarang, standar ISO 9000 dan 14000 telah dicampur, sehingga sebuah organisasi dapat mengusahakan keduanya.

Daftar Perusahaan Yang Telah Menerapkan Manajemen Mutu ISO 9000 dan ISO 14000 berdasarkan lembaga pengembangan jasa kontruksi yaitu:
1. PT. Adhi Karya (Persero) Tbk
2. PT. Margusta Bangun Perkasa
3. PT. Bakrie Metal Industries
4. PT. Gelora Intan Reksa
5. PT. Hutama Karja (Persero)


0 komentar:

Posting Komentar

 
;