Selasa, 01 Desember 2015 0 komentar

Macam-Macam Teknik Analisis Data


Macam-Macam Teknik Analisis Data

 Menurut Suprayogo analisis data adalah rangkaian kegiatan penelaahan, pengelompokan, sistematisasi, penafsiran dan verifikasi data agar sebuah fenomena memiliki nilai sosial, akademis dan ilmiah.
 Didalam penelitian ilmiah kita telah mengenal dua macam penelitian, yaitu penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Berikut ini merupakan teknik analisis data sesuai dengan macam atau jenis penelitian.

1.         Analisis Data Kuantitaif.
Penelitian kuantitatif analisis data merupakan kegiatan setelah data dari seluruh responden atau sumber data lain terkumpul. Teknik dalam penelitian kuantitatif adalah menggunakan statistik.
2.         Anlisis Data Kualitatif
Penelitian kualitatif data yang diperoleh dari berbagai sumber  dengan menggunakan teknik  pengumpulan data yang bermacam-macam (triangulasi), dan dilakukan secara terus menerus  tersebut mengakibatakan variasi data sangat tinggi sekali. Data yang diperoleh pada umumnya adalah data kualitattif sehingga tekniik analisa yang digunakan  belum ada pola yang jelas. Oleh Karen itu sering mengalami kesulitan dalam melakukan analisis.
Mengenai analisis dilapangan, ada dua macam model:
a.     Analisis Data di Lapangan Model Miles dan Huberman.
·         Data Reduction
·         Data Display
·         Conclusion drawing/verification
b.     Analisis Data di Lapangan Model Spradley
·         Analisis Domain
·         Analisis Taksonomi
·         Analisis Komponensial
·         Analisis Tema Kultural


 
;