Rabu, 27 November 2013

Tugas ke-7 Soft skill Mata Kuliah Ilmu Budaya Dasar

  • Jika saya menjadi mendikbud untuk memperkenalkan mengenai kebudayaan, saya akan melakukan :
  1. Memperkenalkan warisan dari nenek moyang, baik yang sudah ditemukan, maupun yang masih tersimpan. Jika perlu dilakukan penelitian sebagai usaha pelestarian agar budaya tersebut tidak hilang.

  2. Tidak hanya penelitian, saya juga akan mencoba memperbanyak kebudayaan yang ada, saya akan memperkenalkan kepada bangsa lain mengenai kubudayaan yang banyak dimiliki indonesia.

  3.  Saya ingin menjadikan pendidikan dan kebudayaan sebagai alat untuk mempersatukan bangsa bangsa.
  4. Saya akan membuka pameran yang berlangsung setiap hari di daerah tempat wisata terkenal di seluruh indonesia , dan menjadikan tempat pameran itu menjadi salah satu tujuan berlibur para turis. Supaya budaya kita terkenal luas.
  5. Saya akan membuat lomba untuk para wisatawan asing ,lomba membatik dan seluruh kebudayaan yang ada di indonesia.
  6. Membuka pertunjukan bersar supaya dapat disaksikan dan dilihat semua masyarakat indonesia maupun negara lain.
 Tujuan kegiatan diatas semata mata untuk membuka mata dunia bahwa kebudayaan indonesia dapat bersaing dengan kebudayaan modern diluar sana, indonesia memiliki daya tarik yang besar dalam kebudayaan , maka dari itu dengan cara tesebut bisa dijadikan ajang perkenalan kebudayaan indonesia.

 Untuk masyarakat yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan pelestarian kebudayaan. Saya akan memberikan penghargaan, penghargaan yang saya berikan terbagi dalam berbagai kategori, dan hadiah yang diberikan juga tentunya berbeda, tergantung seberapa besar usaha yang telah dikalukan suatu kelompok untuk berusaha melestarikan kebudayaan, Setiap penerima penghargaan akan memperoleh sertifikat  dan tambahan penghargaan yaitu memberikan beasiswa kepada anak supaya niat untuk pelestarian budaya bisa berjanjut dan terus dilestarikan .   
 


 Cara untuk membentuk masyarakat memiliki kesadaran akan busaya, hal yang saya akan lalukan adalah membangun kesadaran berbangsa dengan cara memasukan nilai nilai pancasila yang selama ini mulai luntur, saya akan mengembalikan rasa cinta tanah air para remaja indonesia, sampai menimbulkan rasa untuk berfikir bahwa berdudaya dan melesatrikannya sangat penting untuk kelanjutan hidup kedepannya. Rasa cinta tanah air lah yang bisa menjadi faktor pendorong membentuk prilaku masyarakat agar memiliki kesadaran berbudaya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;