Senin, 21 Oktober 2013

Tugas ke-3 Soft skill Mata Kuliah Ilmu Budaya Dasar


   Pertama tama saya akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan ilmu dan budaya dasar dan keterkaitannya dengan kesusastraan dan keindahan.
Ilmu budaya dasar memang erat kaitannya dengan kesusastraan dan keindahan, karna ilmu budaya dasar adalah pengetahuan dasar  tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.        
  Sastra adalah tulisan meliputi segala bentuk dan macam tulisan yang di tulis manusia. Dari hasil referensi yang saya baca, yang akhirnya mendapat kesimpulan bahwa dapat dikatakan ilmu budaya dasar dan kesusastraan itu ada kaitannya. Karena didalamnya menjelaskan tentang konsep konsep yang diulas oleh ilmu budaya dasar. Ada yang berkaitan dengan sastra dan seni Budaya yang sangat menunjukkan adanya sastra dan seni didalamnya.
Contoh yang dapat kita ambil dari Latar belakang IBD dalam konteks budaya dan sastra ;
1.    Sistem Religi/ Kepercayaan.
2.     Ilmu Pengetahuan, Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan mausia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya, sehingga manusia bingung sendiri terhadap kemajuan yg telah diciptakannya.
3.    Bahasa dan kesenian.

Hubungan ilmu budaya dasar dengan prosa dan puisi;

v  Ilmu Budaya Dasar dan prosa

Adalah kesatuan yang membentuk budaya dan kesusastraan. Prosa adalah salah satu tulisan yang bahasanya lebih sesuai dengan artinya. Dalam bahasa indonesia, prosa diterjemahkan menjadi cerita rekaan dan didefinisikan sebagai bentuk cerita atau prosa kisahan yang mempunyai pemeran, lakuan, peristiwa an alur yang dihasilkan oleh daya khayal atau imajinasi.
Dalam kesusastraan indonesia terdapat prosa lama dan prosa baru.
A. Contoh prosa lama
1. dongeng
2. hikayat
3. sejarah
4. epos

B. Contoh prosa baru
1. cerita pendek
2. roman/novel
3. biografi
4. kisah


    v  Prosa (fiksi)

Banyak nilai yang terkandung dalam prosa fiksi misalnya nilai-nilai pesan moral dan cerita kepada para pembaca, nilai-nilai tersebut adalah:
1.   Prosa fiksi menyampaikan kesenangan
2.   Prosa fiksi menyampaikan pemberitahuan
3.   Prosa fiksi menyampaikan peninggalan kurtural
4.   Prosa fiksi menyampaikan keseimbangan pengetahuan.
Nilai moral
1.    Mengajak pembaca mengikuti apa yang akan di kehendaki zamannya
2.    Karya sastra yang berada di alur zamannya

v  Ilmu Budaya Dasar Dengan Puisi

  Puisi termasuk seni sastra, sedangkan sastra bagian dari kesenian, dan kesenian cabang unsur dari kebudayaan.
Hubungan Ilmu Budaya Dasar dengan Puisi adalah :

          1.      Hubungan puisi dengan pengalaman hidup manusia
          2.     Puisi dan keinsyafan/kesadaran individual
          3.     Puisi dan keinsyafan sosial

Didalam Ilmu Budaya dasar akan menemukan penyajiaan puisi,yaitu :
1. adanya hubungan pembuataan puisi dengan pengalaman hidup manusia.
2. adanya suatu rasa insyaf atau sebuah kesadaran seseorang dari suatu kejadian.
3. puisi dan keinsyafan sosial

 v  Manusia dan keindahan

Menurut saya yang namanya Keindahan itu suatu hal yang ada pada lingkungan sekitar manusia. Keindahan Keindahan juga bisa terletak pada jati diri manusia terletak di berbagai segi, misalnya keindahan penampilan, keindahan moral , akhlak dan sifat.
Jadi menurut saya kesimpulan dari arti Manusia dan Keindahan yakni saling membutuhkan, artinya manusia butuh yang namanya keindahan baik itu dari dalam diri seseorang maupun lingkungan sekitar, juga keindahan yang dibutuhkan manusia. Jadi ada keterikatan antara Manusia dengan Keindahan.

 v  Manusia dan Renungan

Renungan artinya diam-diam memikirkan sesuatu, atau memikirkan sesuatu dengan dalam-dalam. Renungan adalah aktifitas berfikir mendalam yang sungguh berbeda dengan termenung. termenung adalah gambaran tentang kondisi hanyutan sebuah pikiran,Biasanya manusia akan merenung apabila ada sesuatu atau musibah yang terjadi
Jadi kesimpulannya, manusia dan renungan itu menyatu. Karena setiap tindakan yang terjadi . manusia akan berfikir baik dan buruknya suatu hal yang telah dia lakukan. Merenung juga kesatuan dari sifat manusia yang sampai kapanpun tidak akan terlepas.

 v  Manusia dan keserasian

Pemikiran saya keserasian merupakan bagian atau yang dapat mewujudkan keindahan.Keserasian mengandung unsur pengertian perpaduan , pertentangan, ukuran dan seimbang.
Perpaduan misalnya : orang berpakaian antara kulit dan warna yang dipakai harus cocok.
Kesimpulannya : keserasian manusia itu terjadi karna adanya kesinambungan antara keindahan yang akan menghasilkan keserasian yang serasi.


                                                                                                                  eys :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar