Kamis, 07 November 2013

manusia dan pandangan hidup , tugas 5 ibd

1.      Manusia dan Pandangan Hidup
Yang saya ketahui hubungan manusia dengan pandangan hidup memang  sangat erat kaitannya. karena manusia sangat membutuhkan pandangan hidup supaya mereka mendapatkan tujuan dari hidup mereka, Oleh karena itu, manusia harus mengerti apa arti dari pandangan hidup itu, supaya mereka tidak terjerumus pada hal-hal yang bersifat negatif. Pandangan hidup itu adalah pilihan .

·         Pandangan hidup dan ideology

  Pandangan hidup itu pendapat atau petunjuk untuk kehidupan manusia . sudah dijelaskan di bagian atas . pandangan hidup merupakan hasil pemikiran manusia berdasaikan pengalaman dan penting untuk kehidupan manusia. Agar dapat memilih keputusan atau pilihan yang sejalan . pandangan hidup tidak datang begitu saja, namun melalui proses waktu yang lama dan terus menerus.

Di dalam kehidupan manusia pandangan hidup terbagi menjadi 3 macam ;

1.      Pandangan hidup yang berasal dari agama

 Penjelasannya pandangan hidup dan agama itu ada keseimbangan , dikarenakan sebagai landasan untuk membimbing kehidupan jasmani dan rohani. Pandangan hidup ini sangat bermanfaat bagi kehidupan individu, masyarakat, atau negara. Semua manusia pasti mempunyai suatu pandangan hidup sendiri – sendiri dan kemungkinan berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Tak sedikit pula orang yang mempunyai pandangan hidup yang sangat bertentangan dengan pandangan hidup orang yang lainnya, itulah yang sering memicu perdebatan diantara umat manusia dalam kehidupan sehari hari.


2.      Pandangan hidup yang berupa ideology

Menurut saya pandangan hidup yang berupa ideologi itu Penyesuaiian dengan kebudayaan dan normyang terdapat pada negara tersebut. Artinya kita mengikui aturan dan pandangan hidup yang telah ada. Walaupun tidak semua orang mengikuti apa yang telah ada di dalam norma atau aturan sebuah negara.

 3.      Pandangan hidup hasil renungan
Yaitu pandangan hidup yang relatif kebenarannya. Karna renungan setiap prang pasti selalu berbeda satu sama lain.



·         Pengertian ideology
ideologi secara umum adalah sekumpulan ide, gagasan, keyakinan dan kepercayaan yang menyeluruh dan sistematis.  ideology juga dapat disebut pedoman yang dipakai oleh seluruh kelompok sebagai dasar cita-cita, nilai dasar dan keyakinan yang dijunjung tinggi.
Jadi kesimpulan ideologi itu suatu pembenaran atau gagasan tentang kebaikan bersama masyarakat yang di anggap baik. Ideologi juga dapat dikatakan sebagai pemikiran tentang kehdupan.
2 hak ideology :
Hak Ideologi ada dua, yaitu :
1.     Hak memperoeh kebebasan
2.     Hak memperoleh perlindungan sebagai warga negara


·         Cita-cita

Cita-Cita yaitu keinginan, harapan, tujuan yang selalu ada didalam pikiran. Baik keinginan, harapan, maupun tujuan merupakan apa yang ingin diperoleh seseorang pada masa depan.

·         Kebajikan
Kebajikan atau kebaikan pada hakikatnya adalah perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama atau etika. Makna kebajikan sangat luas, salah satunya seseorang yang dapat bersikap baik dan menjaga tindakan yang dia lakukan
     Faktor yang menentukan tingkah laku seseorang, menurut saya :
·         Suara hati
·         Lingkungan
·         Keadaan

·         Usaha atau perjuangan
 Usaha/perjuangan  adalah kerja keras untuk mewujudkan cita-cita. Karena setiap manusia harus kerja  keras  untuk  kelanjutan  hidupnya. Perjuangan  hidup manusia untuk berusaha dan berjuang agar usaha yang dilakukan maksmal, manusia diwajibkan untuk bekerja keras belajar dan tekun.

·         Keyakinan atau kepercayaan
  Keyakinan/kepercayaan yang menjadi dasar pandangan hidup berasal dari akal atau kekuaasaan Tuhan.
 ada tiga aliran filsafat
(a)  Aliran  Naturalisme
            Hubungan antara kita dan agama
(b)  Aliran  intelektualisme
            Mengutamakan logika / akal
(c)  Aliran  Gabungan

Kesimpulan penulis :

Pandangan hidup yang baik itu , jika kita melihat dan memilih hal hal yang di anggap benar tidak berlawanan dengan aturan aturan yang ada.saat ini yang menjadi cita cita saya adalah ingin cepat cepat menyelesaikan study dan menjadi orang yang lebih baik dari hari ke hari.usaha yang saya lakukan beajar dengan tekun dan mengintropeksi diri setiap harinya. Supaya cita cita saya cepat tercapai.
Hal yang saya berikan pada sesama tidak bisa saya jelaskan dalam benyuk tulisan. Karena,saya juga kurang mengetahui apa yang telah saya berikan terhadap sesama, yang pasti senyuman yang saya beikan setiap hari untuk sesama.


Referensi :
·         SUMBER : buku IBD Universitas Gunadarma karya Widyo Nugroho, Achmad Muchji



                                                                                                    eys :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar