Jumat, 26 Mei 2017

Contoh Kasus Penerapan atau Penggunaan Standar Teknik dan Manajemen

Judul: Analisis Penerapan Sistem Manajemen Mutu di Perusahaan Kontraktor (Studi Kasus Beberapa Perusahaan di Medan)
Kasus: Era globalisasi menyebabkan persaingan meningkat di seluruh bidang industri, dimana  perkembangan teknologi berlangsung semakin cepat dan menyebabkan persaingan bisnis menjadi sangat tajam baik dipasar domestik maupun di pasar global. Oleh karena itu banyak perusahan termasuk perusahaan kontraktor harus meningkatkan mutu pelayanan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan atau bagi masyarakat dengan menerapkan sistem manajemen mutu. Oleh karena itu diperlukanlah standar mutu internasional seperti ISO 9000. Standar mutu ini merupakan cara terbaik, termudah dan teraman untuk mencapai kesamaan mutu setiap negara, dan diharapkan dengan menerapkan Sistem manajemen mutu ISO 9000 dapat meningkatkan mutu pelayanan internal seperti lingkungan kerja yang kondusif dan pada akhirnya dapat meningkatkan kepuasan pelanggan eksternal. Kebutuhan perusahaan untuk meningkatkan mutu produk atau jasa serta kepuasan pelanggan semakin besar karena terbukanya perdagangan bebas dalam era globalisasi. Oleh karena itu perusahaan berusaha memenangkan persaingan dengan meningkatkan mutu produk atau jasa, sehingga dapat memberikan kepuasan pelanggan. 
Tujuan Penggunaan Standar Teknik dan Manajemen: Untuk meningkatkan mutu produk atau jasa perusahaan. ISO 9000 merupakan salah satu standar sistem manajemen mutu yang diakui dunia internasional dan bersifat global untuk berbagai bidang usaha. Selain dapat meningkatkan kemampuan bersaing, masih banyak manfaat dari perolehan sertifikasi ISO 9000 yang telah diteliti dan dipublikasikan. Para peneliti merekomendasikan keuntungan mendapatkan sertifikasi ISO antara lain memperoleh reputasi yang lebih baik, tingkat kesadaran akan perlunya menjaga kualitas, prosedur dan tanggung jawab menjadi lebih jelas dan terdokumentasi dengan lebih baik, menghilangkan pekerjaan yang tidak perlu, lebih mudah untuk ditelusuri dan dilakukan audit, pelayanan kepada pelanggan lebih baik, meningkatkan kepuasan pelanggan serta karyawan, melakukan peningkatan yang berkesinambungan, meningkatkan keuntungan, kesempatan untuk melakukan ekspansi dan seterusnya. Sekalipun banyak manfaat dari memperoleh sertifikasi ISO, tapi penerapannya pun memiliki banyak kendala baik dalam proses maupun setelah proses sertifikasi. 
Link Jurnal: http://jurnal.usu.ac.id/index.php/jts/article/viewFile/6219/2632

3 Contoh Kasus Kontrak Kerja atau Kontrak Bisnis


Kasus Pertama
Judul: Kontrak Kerja Owner Terhadap Kontraktor (Studi Kasus: Perumahan Taman Mapanget Raya)
Kasus: Tahap pelaksanaan pekerjaan di lapangan yang masih saja sering mengalami kendala seperti kesalahan dalam penerapan kontrak kerja yang mengakibatkan proyek tidak berjalan sesuai dengan ekspetasi awal. Hal tersebut dapat disebabkan karena kelalaian ownwe maupun kontraktor dalam memenuhi  kewajiban dan tanggung jawab
Kasus Kedua
Judul: Perjanjian Investasi
Kasus: Mengikuti investasi melalui seseorang dan membuat surat perjanjian di atas materai 6000 yang berisi bahwa trader (orang tsb) wajib mentransfer profit sebesar 4% perhari. tetapi sampai sekarang sejak januari kemarin. Modal saya yg 10jt baru dtransfer 3,6jt dan alasan dan keadaan seakan menghindar telah ditunjukkannya. jika saya melapor kan kasus ini ke pengadilan. hukum apakah yang berlaku?
Solusi:
Yang bisa dilakukan adalah mengajukan gugatan wanprestasi kepada Pengadilan Negeri yang wilayahnya hukumnya mencakup domisili si trader sebagai tergugat. Dalam perdata tidak ada jeratan hukum badan, yang ada adalah upaya paksa bagi pihak yang dikalahkan untuk memberikan kerugian kepada pihak yang dimenangkan berdasarkan Putusan Pengadilan. Jeratan hukum badan terdapat dalam hukum pidana. Jika Anda ingin mengajukan upaya hukum pidana tentunya Anda harus membuat laporan kepolisian. Namun, berdasarkan uraian Anda, asumsi saya permasalahan Anda tidaklah murni pidana, bahkan mungkin cenderung murni perdata karena dalam masalah yang disampaikan dikatakan "dari investasi 10 jt baru ditransfer 3. 6 jt", ini berarti ada pengembalian uang yang diinvestasikan dan ini berarti tentang masalah  utang-piutang yang notabene masuk dalam ranah hukum perdata.
Link:https://zainulmuchlas.files.wordpress.com/2012/10/kasus-bisnis-tahun-2013.pdf

Kasus Ketiga
Judul: Penyelesaian Sengketa Keterlambatan Penyelesaian Pekerjaan Dalam Pelaksanaan Kontrak Kerja Kontruksi di PT. Tri Jaya Nasional
Kasus: Perselisihan yang diakibatkan karena adanya salah satu pihak yang melakukan wanprestasi apabila tidak segera diselesaikan dengan baik maka pengerjaan kontrusi akan tertunda bahkan terhenti, sehingga untuk mengantisipasi hal ini agar tidak terjadi maka diperlukan prosedur yang baik.
Link:www.e-jurnal.com/2014/01/penyelesaian-sengketa-keterlambatan.html







Kamis, 25 Mei 2017

5 Perusahaan yang Menerapkan Manajemen Mutu ISO 9000 dan ISO 14000



ISO (International Organization for Standardization ) merupakan sebuah jaringan kerja yang diikuti oleh 156 negara yang mempunyai basis pada setiap negara tersebut dengan secretariat pusat di Geneva, Swiss. Di mana kebanyakan produk atau jasa di dalam bisnis bisnis tertentu yang mengharuskan adanya standart internasional, maka  ISO ini di buat. Di dalam ISO ini banyak sekali yang terlibat diantaranya produsen, pemerintah maupun konsumen, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.
Konsep ISO 9000 adalah meningkatkan kualitas dengan memberikan panduan pada institusi atau organisai dengan kriteria yang dapat mereka pergunakan untuk menetapkan dan mengukur sistem kualitas. ISO 9000: 2004 mewajibkan perusahaan untuk menentukan kebutuhan pelanggan, termasuk pengaturan dan persyaratan hukum. Perusahaan juga harus membuat susunan komunikasi untuk menangani isu-isu seperti keluhan. Standar lain melibatkan kontrol proses, pengujian produk, penyimpanan, dan pengiriman. Meningkatkan kualitas adalah investasi yang dapat terbayar dalam hubungan pelanggan yang lebih baik dan penjualan yang lebih tinggi.
ISO 14000 adalah sistem manajemen lingkungan (Environmental Management System-EMS). Persyaratan untuk sertifikasi meliputi kepemilikan kebijaksanaan lingkungan, kepemilikan sasaran pengembangan tertentu, pengadaan audit program lingkungan, dan pemeliharaan tinjauan proses manajemen puncak. Sertifikasi dalam ISO 9000 dan ISO14000 menunjukkan bahwa sebuah perusahaan memiliki sistem manajemen kelas dunia, baik dalam standar kualitas maupun standar manajemen. sekarang, standar ISO 9000 dan 14000 telah dicampur, sehingga sebuah organisasi dapat mengusahakan keduanya.

Daftar Perusahaan Yang Telah Menerapkan Manajemen Mutu ISO 9000 dan ISO 14000 berdasarkan lembaga pengembangan jasa kontruksi yaitu:
1. PT. Adhi Karya (Persero) Tbk
2. PT. Margusta Bangun Perkasa
3. PT. Bakrie Metal Industries
4. PT. Gelora Intan Reksa
5. PT. Hutama Karja (Persero)


Jumat, 05 Mei 2017

Pendapat Tentang Berlakunya Undang-Undang Ketenagakerjaan Indonesia


Komitmen bangsa Indonesia terhadap penghargaan hak asasi manusia di tempat kerja diwujudkan dengan merancang Undang-Undang Ketenagakerjaan Indonesia dengan tujuan melindungi hak dasar para pekerja. Undang- Undang Ketenagakerjaan Indonesia telah disusun sedemikian rupa mengatur perencanaan pelaksanaan ketenagakerjaan. Peraturan perundang undangan yang berlaku saya rasa sudah cukup baik karna memiliki kepastian hukum, keadilan, perlindungan serta kewajiban dan tanggung jawab para pihak terkait.
   Dengan adanya UU Ketenagakerjaan para pekerja atau buruh mendapat perlindungan atas hak-hak dasar meliputi perlindungan keselamatan, dan kesehatan kerja, perlindungan khusus bagi pekerja atau buruh perempuan, anak, dan penyandang cacat, serta perlindungan tentang upah, kesejahteraan,  dan jaminan  sosial tenaga kerja.