Sabtu, 03 Januari 2015

ISD Sebagai Salah Satu Mata Kuliah Dasar Umum

ISD Sebagai Salah Satu
Mata Kuliah Dasar Umum


1.1       Latar Belakang
Masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan Teori-teori (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial. Saat ini kita mengenal masalah-masalah sosial dan berbagai teori tentang Ilmu Sosial dasar, oleh sebab itu saya akan menjelaskan tentang pemahaman saya mengenai Ilmu sosial dasar.
Secara sederhana ISD adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk menelaan masalah-masalah sosial manusia, dan diberikannya mata kuliah ini antara lain bertujuan agar mahasiswa dapat memperluas wawasan pemikiran serta kemampuannya dalam Pemahaman Ilmu Sosial Dasar. Ilmu sosial, dalam mempelajari aspek-aspek masyarakat secara subjektif, inter-subjektif, dan objektif atau struktural, sebelumnya dianggap kurang ilmiah bila dibanding dengan ilmu alam. Namun sekarang, beberapa bagian dari ilmu sosial telah banyak menggunakan metoda kuantitatif. Demikian pula, pendekatan interdisiplin dan lintas-disiplin dalam penelitian sosial terhadap perilaku manusia serta faktor sosial dan lingkungan yang mempengaruhinya telah membuat banyak peneliti ilmu alam tertarik pada beberapa aspek dalam metodologi ilmu sosial. Penggunaan metoda kuantitatif dan kualitatif telah makin banyak diintegrasikan dalam studi tentang tindakan manusia serta implikasi dan konsekuensinya.

1.2       Tujuan ISD
Memahami warga Indonesia memiliki sikap dan tingkah laku yang baik dalam masyarakat agar tidak terjadi keributan ataupun kericuhan. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha mencegah dan menanggulanginya.

1.3       Hubungan antara ISD dengan IPS
ISD dan IPS sama-sama mempelajari ilmu-ilmu yang berhubungan dengan masyarakat dan hampir memiliki ruang lingkup yang sama dalam kemasyarakatan. Adapun perbedaannya ISD diberikan di perguruan tnggi, sedangkan ilmu pengetahuan sosial diberikan disekolah dasar dan sekolah lanjutan. Ilmu sosial dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan ilmu pengetahuan sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.

1.4       Ruang Lingkup ISD
ISD meliputi dua kelompok utama, studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga –lembaga sosial yang terutama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi, sedang yang kemudian terdiri atas ekonomi dan politik. Sasaran STUDI ISD adalah aspek-aspek yang paling dasar yang ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan masalah – masalah yang terwujud dari padanya. Materi Ilmu Sosial Dasar terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengindentifikasi kenyataankenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu. Sehingga dengan demikian bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan atas tiga golongan yaitu, membahas kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat yang meliputi latar belakang dislipin ilmu dan pandangannya. Membahas konsep-konsep tentang kenyataan sosial untuk mempelajari masalah yang dibahas dalam ilmu pengetahuam sosial. Membahas masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
Pokok Bahasan ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
1. Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan
perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2. Masalah individu, keluarga dan masyarakat.
3. Masalah pemuda dan sosialisasi.
4. Masalah hubungan antara warga negara dan negara.
5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
6. Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan
masyarakat.


Katuuk, Neltje F, Harwantiyoko. MKDU ILMU SOSIAL DASAR. Jakarta: Gunadarma.1997.



Pembahasan Permasalahan
ISD Sebagai Salah Satu
Mata Kuliah Dasar Umum


Berdasarkan materi sebelumnya yang telah dijabarkan penting sekali mempelajari ilmu ISD. karena pada dasarnya Ilmu Sosial Dasar sangat berperan penting dikehidupan kita sehari-hari, karena semuanya yang berhubungan dengan ISD sangat banyak, karena itu kita harus banyak belajar tentang ISD. Topik yang akan dibahas mengenai masalah individu, keluarga dan masyarakat.
Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali masalah sosial yang berada disekitar kita, yang berkelompok maupun yang bersifat individual. Dari pemberitaan di televisi yang saya lihat contohnya yang sedang hangat saat ini adalah kasus asusila pelajar. Setelah mengetahui kejadian diatas, saya mencoba untuk memaparkan pembahasannya menurut saya. Kenakalan remaja saat ini sangat diluar batas akal sehat, diantaranya sudah banyak terjadinya kasus asusila diberbagai daerah, dalam hal ini lagi-lagi masalah lingkungan dan kurangnya pengawasan orang tua menjadi permasalahan utama. Kejadian seperti ini sangatlah kurang pantas dikarenakan kurangnya pengetahuan akan baik buruknya tindakan tersebut. Masalah lain timbul yaitu timbulnya aib yang harus ditanggung orang tua dan diri sendiri. Para polisi pun sudah berkali-kali melakukan razia untuk menutup tempat-tempat yang diangap sebagai tempat remang-remang tapi ketika polisi itu tidak ada, mereka kembali melakukannya. Solusinya menurut saya adalah orang tua harus berperan penting dengan anak remajanya untuk menuntun anak-anak mereka kearah yang lebih baik dan memiliki nilai moral yang tinggi dan harus selalu memperhatikan tindakan dan prilaku anak sehari-harinya, Serta masyarakat sekitar harus memantau jika terjadi tindakan asusila untuk anak dibawah umur untuk melaporkannya langsung ke polisi setempat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;