Jumat, 07 April 2017

Tugas Etika Profesi


1. Apa sebenarnya kepakaran dari seorang sarjana teknik industri
Jawaban :
Kepakaran dari seorang sarjana teknik industri diperoleh melalui rangkaian pelatihan, membaca dan pengalaman. Pengetahuan membuat pakar dapat mengambil keputusan secara lebih baik dan lebih cepat dalam memecahkan problem yang kompleks. Kepakaran seorang sarjana teknik industri berfokus kepada perancangan, peningkatan dari sistem terintegrasi. Kepakaran yang dimiliki seorang sarjana teknik industri meliputi:
v Memiliki kemampuan memecahkan masalah yang kuat dan sistematik
v Memiliki kemampuan meningkatkan sistem terintegrasi yang terdiri atas manusia, material, peralatan dan energi.
v Memiliki kemampuan memprediksi dan mengevaluasi hasil yang diperoleh dari sistem terintegrasi


2.    Tuliskan karakter karakter tidak beretika menurut kalian dalam kehidupan sehari hari (beri 3 contoh dan analisa)
Jawaban :
v Tidak mengucapkan salam saat hendak masuk kedalam ruangan. Hal tersebut dianggap tidak beretika sebab dapat dikatakan tidak menghargai seseorang yang berada didalam ruangan tersebut.
v Bersikap egois dalam kelompok kerja. Kerja sama dan kekompakkan satu sama lain dibutuhkan dalam kelompok kerja tetapi jika ada seseorang yang tidak peduli mengenai kelompok kerja maka orang tersebut dapat dianggap tidak beretika karena tidak ingin dibebani tugas apapun dan lari dari tanggung jawab.
v Bersendawa terlalu kencang. Hal tersebut tentu dianggap karakter yang tidak beretika sebab sudah pasti  dapat mengganggu kenyamanan orang banyak.

3.    Tuliskan aktivitas tidak beretika professional dalam bekerja (beri 3 contoh dan analisa)
Jawaban :
v Seorang ahli yang lalai akan kewajiban yang seharusnya dilakukan. Seorang professional hendaknya dapat mempertanggung jawabkan segala tugas dan beban kerja yang diberikan. Apabila kelalaian sampai terjadi seorang professional dianggap tidak menghargai etika yang berlaku.
v Kesalahan mendiagnosa penyakit. Sudah seharusnya seorang dokter memberi alasan yang akurat mengenai diagnosa penyakit yang diderita. Tetapi apabila kesalahan sampai terjadi sudah dipastikan tindakan tersebut dikatakan tidak professional karna kesalahan sedikit saja dapat menyebabkan orang lain bertambah sakit.
v Korupsi wakil rakyat, sudah seharusnya seorang wakil rakyat yang dipilih rakyatnya bekerja dengan sungguh sungguh. Tetapi jika niatnya hanya memperkaya diri sendiri dan mengabaikan rakyatnya tentu hal tersebut dikatakan tidak beretika professional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar