Rabu, 30 November 2016

Usaha Kreatif dan Inovatif Counter Pulsa


Bisnis Usaha Inovatif dan Kreatif merupakan jenis usaha yang berbeda dengan usaha pada umumnya. Tentunya ini harus di lakukan agar usaha yang sedang kita geluti menjadi lebih maju dan berkembang pesat.  Usaha pulsa elektrik merupakan salah satu usaha yang paling banyak diminati. Sesuai perkembangan zaman usaha ini terus berkembang dengan memberikan inovasi inovasi yang dapat menarik minat konsumen. Inovasi pada usaha counter pulsa biasanya akan memberikan suatu bonus seperti kartu perdana, makanan atau minuman yang akan didapatkan dengan cara membeli paket internet. Cara ini terbukti cukup efektif mendongkrak jumlah pembeli paket internet di counter. Selain untuk counter pulsa, cara ini juga dapat di lakukan di warnet, percetakan dll.

Senin, 14 November 2016

Analisis Swot Studi Kasus Kesuksesan Wirausahawan Eka Tjipta Widjaya


   
         1.1       Profil Eka Tjipta Widjaya
        Eka Tjipta Widjaya, pendiri Sinar Mas grup, saat ini termasuk 3 besar orang terkaya Indonesia versi majalah Glbe Asia 2008. Kabarnya total kekayaannya sekitar 3,8 Miliyar. Eka Tjipta Widjaya lahir di Coan Ciu Fujian RRC dengan nama Oei Ek Tjhong tahun 1923. Tahun 1931, ia melakukan migrasi ke Makasar Sulawesi Selatan. Pada usia 9 tahun ia berjualan dari rumah ke rumah, hingga pada saat usia 15 tahun berjualan biscuit dan gula dengan modal awal menggadaikan ijazah SD-nya supaya usahanya berkembang.
         Saat umur 37 tahun, Eka pindah ke Surabaya. Dengan segala optimisme, kerja keras, dan  tantangan, akhirnya usaha yang dijalaninya mulai menghasilkan sukses besar. Eka juga mempunyai kebun kopi dan kebun karet di Jember. Pernah ia merintis usaha penggilingan padi di Ciluas, Serang, Banten, yang kemudian dijual kepada PKI karena usahanya merugi. Awalnya Sinar Mas merupakan CV. Perusahaan ini melakukan ekspor hasil bumi dan impor tekstil di berbagai kota di Indonesia

        Pada tahun 1941 usahanya berkembang dan masuklah Jepang ke Makasar sehingga bisnisnya goncang dan jatuh miskin. Figurnya dikenal patang menyerah dengan kekayaan mental itu ia merintis kembali usahanya sehingga berbuah manis sehingga mendirikan perusahaan Sinar Mas Group. Kini perusahaannya bergerak dalam 4 sayap bisnis, yaitu Finansial, Bubur Kertas, Agrobisnis dan real estate. Pada saat ini beliau mendirikan Yayasan Tjipto Foundation. 
 1.2       Analisis SWOT  
        Analisis SWOT yaitu sebuah bentuk analisa situasi dan juga kondisi yang bersifat deskriptif (memberi suatu gambaran). Analisa ini menempatkan situasi dan juga kondisi sebagai sebagai faktor masukan, lalu kemudian dikelompokkan menurut kontribusinya masing-masing. 
        a.     Strengt (Kekuatan)
  • Eka Tjipta merupakan sosok yang ulet dan pekerja keras.
  • Semangat dan tekad yang kuat untuk membantu perekonomian keluarga berbuah manis.
  • Berjiwa sosial tinggi.
  • Tetap optimis, dan pantang menyerah 
         b.     Weakness  (Kelemahan)
  • Tidak banyak menemukan orang seperti beliau yang tetap semangat dan ulet, walaupun banyak guncangan yang menerpa bisnisnya. 
                  c.      Opportunity (Peluang)
  • Pada saat tentara Jepang membuang bongkahan dan barang-barang baik terigu, semen, besi-beso bekas dari tentara Jepang, Eka menjadikan hal itu sebagai peluang sehingga dikemas seperti semula dan dijual lagi.
  • Beliau berusaha memperluas pemasaran usaha hasil ternak dan taninya ke berbagai pelosok daerah bahkan melakukan ekspor impor ke luar negeri.
                  d.      Threats (Hambatan)
  • Bisnisnya sempat jatuh dan gulung tikar pada saat Jepang menduduki daerahnya, hingga jatuh miskin.