Rabu, 28 Oktober 2015

METODOLOGI PENULISAN

METODOLOGI

1.         Cover
Cover atau sampul makalah memuat judul makalah serta nama penulis, logo lembaga atau institusi, tempat dan tahun terbit. Nama penulis ditulis dengan jelas, nama asli dan nama lengkap tanpa disingkat serta tanpa menyebutkan gelar. Untuk penulisan nama penulis dan tidak diperlukan huruf kapital untuk semua kata, cukup huruf kapital di awal kata. Namun untuk penulisan keterangan nama instansi atau jenjang pendidikan menggunakan huruf kapital dengan dicetak tebal.

2.       Abstrak
Abstrak dapat diartikan sebagai versi mini dari sebuah karya ilmiah. Menurut Houghton (1975) abstrak dapat didefenisikan sebagai rangkuman informasi yang terdapat dalam sebuah dokumen. Abstrak yang dipersiapkan dengan baik akan memungkinkan pembaca untuk mengidentifikasi materi inti dari sebuah dokumen secara cepat dan akurat sehingga pembaca dapat mengetahui apakah dokumen tersebut terkait dengan kebutuhan mereka.
Day (1993) menyatakan bahwa abstrak karya ilmiah harus memaparkan: 1. Tujuan utama dan ruang lingkup penelitian. 2. Bahan dan metode yang digunakan. 3. Memberikan ringkasan hasil. 4. Simpulan untuk hal-hal yang mendasar. Weisberg & buker (1990) menyebutkan bahwa abstrak laporan penelitian pada intinya terdiri dari lima hal penting yaitu: 1. Latar belakang. 2. Tujuan. 3. Method. 4. Hasil. 5. Simpulan. Panjang abstrak pada umumnya tidak melebihi 250 kata.

3.         Daftar Isi
            Daftar isi memuat informasi halaman dari isi makalah. Setiap bab dan sub-bab dalam makalah diberikan keterangan halaman agar memudahkan pembaca menemukan bahan yang akan dibaca. Daftar isi juga memuat daftar gambar dan daftar tabel (jika ada).

BAB I PENDAHULUAN
Bab ini membahas tentang penelitian secara umum, yang diawali dengan suatu tinjauan mengapa perlu mempelajari penelitian, apa manfaat penelitian bagi manajer perusahaan dan apa manfaatnya bagi mahasiswa, dan kemudian dilanjutkan dengan definisi penelitian (Husaini Usman dan Purnomo, 2008).

1.1              Latar Belakang
Memunculkan berbagai alasan mengapa memilih judul tersebut, maka seorang peneliti dalam hal ini dapat mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, akan tetapi belum efektif pada pelaksanaannya (Husaini Usman dan Purnomo, 2008).

1.2              Rumusan Masalah
Menyatakan secara tersurat pertanyaan penelitian apa saja yang perlu dijawab atau dicarikan jalan pemecahan masalahnya. Rumusan masalah merupakan suatu penjabaran dari identifikasi masalah dan pembatasan masalah (Husaini Usman dan Purnomo, 2008).

1.3              Tujuan Penulisan
Tujuan menyangkut tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum meliputi aspek-aspek yang secara umum dianggap sebagai tujuan bagi semua orang, baik penggiat di bidangnya maupun masyarakat umum. Tujuan khusus adalah tujuan yang dimaksudkan untuk meningkatkan kepekaan para penggiat karya tulis untuk lebih mempromosikan bagaimana cara menulis yang baik sehingga menghasilkan tulisan yang baik pula untuk dikonsumsi berbagai kalangan (Husaini Usman dan Purnomo, 2008). 

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Tinjauan pustaka merupakan kegiatan (penyusunan kajian pustaka) bertujuan mengumpulkan data dan informasi ilmiah, berupa teori-teori, metode, atau pendekatan yang pernah berkembang dan telah di dokumentasikan dalam bentuk buku, jurnal, naskah, catatan, rekaman sejarah, dokumen-dokumen, dan lain-lain yang terdapat di perpustakaan (Pohan dan Prastowo, 2012).

BAB III  METODE PENELITIAN
Metode penelitian merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu Metode berasal dari Bahasa Yunani “Methodos’’ yang berarti cara atau jalan yang ditempuh. Sehubungan dengan upaya ilmiah, maka metode menyangkut masalah cara kerja untuk dapat memahami objek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan. (Sugiyono,2008).

BAB IV PEMBAHASAN DAN ANALISIS
            Bab ini menguraikan gambaran umum unit observasi, serta menguraikan analisis dan pembahasan hasil penelitian. Bab ini menganalisis dan membahas fakta-fakta yang ada dalam entitas yang menjadi unit observasi. Analisis harus dilakukan dengan menggunakan teori yang telah dikemukakan di bab II beserta interpretasinya.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan merupakan penjabaran dari hasil penelitian yang diperoleh. Hasil penelitian diperoleh dari analisis rumusan masalah yang ditemukan kemudian dianalisis menggunakan teori dan metode penelitian yang dilakukan, sehingga diperoleh kesimpulan penelitian. Saran berisi manfaat penelitian kepada pembaca berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh kemudian diharapkan agar dilaksanakan atau diterapkan oleh pembaca.


           Daftar Pustaka
Daftar pustaka berisi daftar referensi-referensi yang dicantumkan atau dipergunakan dalam penyusunan makalah. Penulisan daftar pustaka harus disusun secara sistematis serta diurutkan secara sistematis berdasarkan abjad/alfabetis menurut nama pengarang.


Daftar Pustaka

Arifin, Zaenal dan Amran Tamsai. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta Akapres, 2004.
Husaini Usman dan Purnomo, 2008. Metodologi Penelitian Sosial. Penerbit PT Bumi Aksara : Jakarta.
Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia. Prastowo, A. 2012, Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.


           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar