ISD Sebagai Salah Satu
Mata Kuliah Dasar Umum
1.1 Latar
Belakang
Masalah-masalah
sosial, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia,
dengan menggunakan Teori-teori (fakta, konsep, teori) yang berasal dari
berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial. Saat ini
kita mengenal masalah-masalah sosial dan berbagai teori tentang Ilmu Sosial
dasar, oleh sebab itu saya akan menjelaskan tentang pemahaman saya mengenai
Ilmu sosial dasar.
Secara
sederhana ISD adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan
dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk
menelaan masalah-masalah sosial manusia, dan diberikannya mata kuliah ini
antara lain bertujuan agar mahasiswa dapat memperluas wawasan pemikiran serta
kemampuannya dalam Pemahaman Ilmu Sosial Dasar. Ilmu sosial,
dalam mempelajari aspek-aspek masyarakat secara subjektif, inter-subjektif, dan
objektif atau struktural, sebelumnya dianggap kurang ilmiah bila dibanding
dengan ilmu alam. Namun sekarang, beberapa bagian dari ilmu sosial telah
banyak menggunakan metoda kuantitatif. Demikian pula, pendekatan interdisiplin
dan lintas-disiplin dalam penelitian sosial terhadap perilaku manusia serta
faktor sosial dan lingkungan yang mempengaruhinya telah membuat banyak peneliti
ilmu alam tertarik pada beberapa aspek dalam metodologi ilmu
sosial. Penggunaan metoda kuantitatif dan kualitatif telah makin banyak
diintegrasikan dalam studi tentang tindakan manusia serta implikasi dan konsekuensinya.
1.2 Tujuan ISD
Memahami
warga Indonesia memiliki sikap dan tingkah laku yang baik dalam masyarakat agar
tidak terjadi keributan ataupun kericuhan. Peka terhadap masalah-masalah sosial
dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha mencegah dan menanggulanginya.
1.3 Hubungan antara ISD dengan IPS
ISD dan IPS sama-sama
mempelajari ilmu-ilmu yang berhubungan dengan masyarakat dan hampir memiliki
ruang lingkup yang sama dalam kemasyarakatan. Adapun perbedaannya ISD diberikan
di perguruan tnggi, sedangkan ilmu pengetahuan sosial diberikan disekolah dasar
dan sekolah lanjutan. Ilmu sosial dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan
kepribadian, sedangkan ilmu pengetahuan sosial diarahkan kepada pembentukan
pengetahuan dan keterampilan intelektual.
1.4 Ruang Lingkup ISD
ISD meliputi
dua kelompok utama, studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga –lembaga
sosial yang terutama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi, sedang
yang kemudian terdiri atas ekonomi dan politik. Sasaran STUDI ISD adalah aspek-aspek
yang paling dasar yang ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan
masalah – masalah yang terwujud dari padanya. Materi Ilmu Sosial Dasar terdiri
atas masalah-masalah sosial. Untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial,
hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengindentifikasi kenyataankenyataan
sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu. Sehingga dengan demikian
bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan atas tiga golongan yaitu, membahas
kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat yang meliputi latar belakang
dislipin ilmu dan pandangannya. Membahas konsep-konsep tentang kenyataan sosial
untuk mempelajari masalah yang dibahas dalam ilmu pengetahuam sosial. Membahas
masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
Pokok
Bahasan ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan
memahami adanya :
1. Berbagai
masalah kependudukan dalam hubungannya dengan
perkembangan
masyarakat dan kebudayaan.
2. Masalah
individu, keluarga dan masyarakat.
3. Masalah
pemuda dan sosialisasi.
4. Masalah
hubungan antara warga negara dan negara.
5. Masalah
pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
6. Masalah
masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
7. Masalah
pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
8. Pemanfaatan
ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan
masyarakat.
Katuuk, Neltje F, Harwantiyoko.
MKDU ILMU SOSIAL DASAR. Jakarta: Gunadarma.1997.
Pembahasan
Permasalahan
ISD
Sebagai Salah Satu
Mata
Kuliah Dasar Umum
Berdasarkan
materi sebelumnya yang telah dijabarkan penting sekali mempelajari ilmu ISD.
karena pada dasarnya Ilmu Sosial Dasar sangat berperan penting dikehidupan kita
sehari-hari, karena semuanya yang berhubungan dengan ISD sangat banyak, karena
itu kita harus banyak belajar tentang ISD. Topik yang akan dibahas mengenai
masalah individu, keluarga dan masyarakat.
Dalam
kehidupan sehari-hari banyak sekali masalah sosial yang berada disekitar kita,
yang berkelompok maupun yang bersifat individual. Dari pemberitaan di televisi
yang saya lihat contohnya yang sedang hangat saat ini adalah kasus asusila
pelajar. Setelah mengetahui kejadian diatas, saya mencoba untuk memaparkan
pembahasannya menurut saya. Kenakalan remaja saat ini sangat diluar batas akal
sehat, diantaranya sudah banyak terjadinya kasus asusila diberbagai daerah,
dalam hal ini lagi-lagi masalah lingkungan dan kurangnya pengawasan orang tua menjadi
permasalahan utama. Kejadian seperti ini sangatlah kurang pantas dikarenakan
kurangnya pengetahuan akan baik buruknya tindakan tersebut. Masalah lain timbul
yaitu timbulnya aib yang harus ditanggung orang tua dan diri sendiri. Para
polisi pun sudah berkali-kali melakukan razia untuk menutup tempat-tempat yang
diangap sebagai tempat remang-remang tapi ketika polisi itu tidak ada, mereka
kembali melakukannya. Solusinya menurut saya adalah orang tua harus berperan
penting dengan anak remajanya untuk menuntun anak-anak mereka kearah yang lebih
baik dan memiliki nilai moral yang tinggi dan harus selalu memperhatikan tindakan
dan prilaku anak sehari-harinya, Serta masyarakat sekitar harus memantau jika
terjadi tindakan asusila untuk anak dibawah umur untuk melaporkannya langsung
ke polisi setempat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar